Satu Kaedah Dalam Cabang Ilmu Hadits
“Celaan/mendho’ ifkan suatu hadits di dahulukan daripada pujian/menshohihkan suatu hadits”

Maksud dari kaedah ini adalah : bila satu hadits terdapat dalam sanadnya seorang rowi yang di dho’ifkan (dilemahkan) oleh ahli hadits karena kurang syarat-syarat keadilannya atau ada cacat pribadinya, maka meskipun ada ahli hadits yang memuji dan men-shohihkannya maka menurut qaedah di atas yang mendho’ifkannya di dahulukan (yakni tidak boleh di pakai haditsnya sebagai hujjah karena dilemahkan).

contoh hadits di bawah ini

” Nabi menggerak-gerakkan jari telunjuk kanannya pada duduk tasyahud dari awal bacaan hingga akhir ”
{HSR Ahmad, Abu daud, Nasa’i, dan lain-lain}

Dalam rangkaian sanad hadits di atas terdapat seorang rowi bernama “’Aashim bin kulaib bin syihab “. Rowi ini menurut ibnul madini dia “infarada” yakni dia menyendiri dalam periwayatannya, jadi hadits ini tidak bisa dijadikan hujjah. Menurut Yahya al qoththan dia buruk hafalannya.

Sementara ahli hadits yang lain menerima rowi Aashim bin Kulaib bin Ssyihab ini sebagai rowi yang tsiqoh antaranya adalah :

1. imam Ahmad bin Hambal, mengatakan “tidak mengapa dengan hadits-nya” (boleh diterima)

2. Ibnu ma’in , mengatakan orang yang kuat terpercaya dan amanat. ini satu istilah bagi sifat rowi yang Maqbul dan dijadikan hujjah

3. Imam Nasa’i mengatakan dia orang yang terpercaya dalam menerima dan menyampaikan hadits

Maka persoalan dalam qaedah “Al Jarh Muqaddamun ala ta’dil” yakni mencacatkan atau melemahkan suatu hadits di dahulukan daripada yang memuji atau menshohihkan

Dalam masalah ini perlu di ketahui beberapa kesimpulan ahli hadits

1. Apabila yang men-jarh-kan (melemahkan) menjelaskan alasan-alasan dari sifat rowinya tentang kelemahan dengan lafaz-lafaz :

“dia sering berdusta atau tertuduh dusta, penipu dan pendusta hadits dan dia orang yang fasiq’

Maka dalam hal ini dahulukanlah hadits yang men-jarhkannya atau yang melemahkan dan tidak menerima haditsnya.

2. Apabila ahli hadits menjarhkan atau melemahkan seorang rowi tetapi tidak menerangkan sifat-sifat dan sebab-sebab kelemahannya, akan tetapi tidak ada juga seorang ahli hadits pun yang memujinya atau meshohihkannya, maka yang men-jarh-kan (melemahkan) didahulukan.

3. Apabila ahli hadits men-jarh-kan (melemahkan dengan tidak menerangkan sebab-sebab dan sifat kelemahan nya seorang rowi, sementara ada ahli hadits yang memuji dan menshohihkan rowi tersebut, maka dahulukan yang memuji atau menshohihkannya.

Maka dalam kasus sanad Aashim bin Kulaib bin Syihab adalah dapat dipakai sebagai hujjah, sebab Jarh (melemahkan) sanad beliau tidak dapat dipakai karena beliau adalah rowi yang maqbul (bisa diterima).

Apa lagi dia seorang rowi yang dipakai oleh imam muslim, sudah maklum seluruh sanad bukhori dan muslim shohih dan tsiqoh.

Oleh karena itu para ahli ilmu hadits khususnya dalam Jarh wa Ta’dil , bila mereka men-Jarh-kan sesorang rowi mereka menjelaskan sebab-sebab dan sifat-sifat ke-Dho’if annya. Seperti imam bukhori telah men-Jarh-kan satu sanad hadits yang bernama seorang rowinya Sulaiman bin Amir Abu Daud An-Nakho’i yang disampaikan oleh Qutaibah dan Ibnu ishak dan beliau berkata “bahwa sulaiman dia Kadzab
(pendusta).

Jadi imam bukhori sangat terkenal tentang ketelitiannya dalam menilai seorang rowi, mengenai tsiqoh dan dhobitnya.

Maka kaedah menj-Jarhkan seorang rawi dengan menyebutkan sebab dan sifat seperti Jarh-nya imam bukhori yang mengatakan “Sulaiman Huwa kadzab” yakni sulaiman dia pendusta. Jadi hadits yang dia riwayatkan tidak bisa dijadikan hujjah, meskipun orang yang lain men-Ta’dilkan (menshohihkannya)

sumber : “Berpegang Teguh bersama AlQuran dan Sunnah Rasulullah
penulis : Ust. Abu Bakar shiddiq
penerbit : Al hidayah

 

 

MENGGERAKKAN TELUNJUK

 

أَخْبَرَنَا سُوَيْدُ بْنُ نَصْرٍ قَالَ أَنْبَأَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُبَارَكِ عَنْ زَائِدَةَ قَالَ حَدَّثَنَا عَاصِمُ بْنُ كُلَيْبٍ قَالَ حَدَّثَنِي أَبِي أَنَّ وَائِلَ بْنَ حُجْرٍ أَخْبَرَهُ قَالَ قُلْتُ لَأَنْظُرَنَّ إِلَى صَلَاةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَيْفَ يُصَلِّي فَنَظَرْتُ إِلَيْهِ فَقَامَ فَكَبَّرَ وَرَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى حَاذَتَا بِأُذُنَيْهِ ثُمَّ وَضَعَ يَدَهُ الْيُمْنَى عَلَى كَفِّهِ الْيُسْرَى وَالرُّسْغِ وَالسَّاعِدِ فَلَمَّا أَرَادَ أَنْ يَرْكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ مِثْلَهَا قَالَ وَوَضَعَ يَدَيْهِ عَلَى رُكْبَتَيْهِ ثُمَّ لَمَّا رَفَعَ رَأْسَهُ رَفَعَ يَدَيْهِ مِثْلَهَا ثُمَّ سَجَدَ فَجَعَلَ كَفَّيْهِ بِحِذَاءِ أُذُنَيْهِ ثُمَّ قَعَدَ وَافْتَرَشَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَوَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ وَرُكْبَتِهِ الْيُسْرَى وَجَعَلَ حَدَّ مِرْفَقِهِ الْأَيْمَنِ عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى ثُمَّ قَبَضَ اثْنَتَيْنِ مِنْ أَصَابِعِهِ وَحَلَّقَ حَلْقَةً ثُمَّ رَفَعَ إِصْبَعَهُ فَرَأَيْتُهُ يُحَرِّكُهَا يَدْعُو بِهَا  –  النساائي

 

 

TIDAK MENGGERAKKAN TELUNJUK

أَخْبَرَنَا أَيُّوبُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْوَزَّانُ قَالَ حَدَّثَنَا حَجَّاجٌ قَالَ ابْنُ جُرَيْجٍ أَخْبَرَنِي زِيَادٌ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَجْلَانَ عَنْ عَامِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الزُّبَيْرِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُشِيرُ بِأُصْبُعِهِ إِذَا دَعَا وَلَا يُحَرِّكُهَا قَالَ ابْنُ جُرَيْجٍ وَزَادَ عَمْرٌو قَالَ أَخْبَرَنِي عَامِرُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ أَبِيهِ أَنَّهُ رَأَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَدْعُو كَذَلِكَ وَيَتَحَامَلُ بِيَدِهِ الْيُسْرَى عَلَى رِجْلِهِ الْيُسْرَى

 

عاصم بن كليب

 

TAMBAHAN REFERENSI

Pada contoh “AL-JARH MUQODDAMUN ‘ALAT TA’DIL” diatas terdapat rowi “’Ashim Bin Kulaib” yang dijarh oleh Ibnul madini dia “infarada”.

  1. Sebenarnya kalimat Arabnya قال ابن المديني لا يحتج به إذا انفرد (Ibnu Al-Madiny berkata: “dia (‘Ashim) tidak bisa dipakai hujjah jika meriwatkan infirod”, sedangkan dalam hadits “Tahiyat menggerak-gerakkan telunjuk” dia tidak infirod (menyendiri), banyak muttabi’ dan syawahidnya serta tidak melalui rowi “Ashim Bin Kulaib” dengan kualitas shahih.

SILSILAH ASANID HADITS “Tahiyat menggerak-gerakkan telunjuk” DALAM PROGRAM HADITS KUTUBUTTIS’AH

  1. Tajrih oleh Yahya Al-Qoththon, saya belum menemukannya. Mohon referensi kitabnya.

المقتــــرب في بيان المضطرب – (ج 1 / ص 169)

65) عاصم بن كليب بن شهاب بن المجنون الجرمي الكوفي صدوق رمي بالإرجاء من الخامسة مات سنة بضع وثلاثين (13).

قال البزار : عاصم في حديثه اضطراب ولا سيما في حديث الرفع(14) .

وقال ابن المديني : لا يحتج به إذا انفرد (15) .

وقال ابن معين : قال جرير كان مرجئاً(16) .

ذكر من وثقه :

قال ابن سعد : كان ثقة يحتج به وليس بكثير الحديث(17) .

وقال ابن معين : ثقة مأمون (18).

وقال الإمام أحمد : لا بأس بحديثه (1).

وقال مرة : ثقة (2) .

وقال أبو حاتم : صالح (3) .

وقال أبو داود : كان أفضل أهل الكوفة (4) .

وقال ابن شاهين : ثقة مأمون . وقال أحمد بن صالح : عاصم بن كليب يعد من وجوه الكوفيين من الثقات(5) .

وقال الفسوي : ثقة(6) .

وقال النسائي : ثقة (7) .

ذكر من تكلم فيه وهو موثق ج1 ص104

__________

(14) البحر الزخار (5/47) .

(15) الضعفاء (2/70) لابن الجوزي . وانظر التهذيب (5/49) للحافظ .

(16) التاريخ (46 رقم 63 ـ الدقاق ) .

(17) الطبقات (6/341) .

(18) التاريخ (46 رقم 63 ـ الدقاق ) .

__________

(1) الجرح (6/350) .

(2) العلل (201 رقم 356ـ الميموني ) .

(3) الجرح (6/350) .

(4) سؤالات الآجري (1/310) .

(5) الثقات (112) .

(6) المعرفة (3/95) .

(7) ت الكمال (13/538) .

 

170 عاصم بن كليب الجرمي م على عن أبي بردة ثقة ولي الله قال ابن المديني لا يحتج بما انفرد به

ذكر أسماء من تكلم فيه وهو موثق ، اسم المؤلف:  محمد بن أحمد بن عثمان بن قايماز الذهبي أبو عبد الله ، دار النشر : مكتبة المنار – الزرقاء – 1406 ، الطبعة : الأولى ، تحقيق : محمد شكور أمرير المياديني

 

الكاشف ج1 ص521

2516 عاصم بن كليب بن شهاب الجرمي عن أبيه وأبي بردة وعدة وعنه شعبة والسفيانان وابن فضيل قال أبو حاتم صالح وقال أبو داود كان أفضل أهل زمانه كان من العباد قال شريك مرجىء مات 137 م 4

الكاشف في معرفة من له رواية في الكتب الستة ، اسم المؤلف:  حمد بن أحمد أبو عبدالله الذهبي الدمشقي ، دار النشر : دار القبلة للثقافة الإسلامية , مؤسسة علو – جدة – 1413 – 1992 ، الطبعة : الأولى ، تحقيق : محمد عوامة

 

تقريب التهذيب ج1 ص286

3075 عاصم بن كليب بن شهاب بن المجنون الجرمي الكوفي صدوق رمي بالإرجاء من الخامسة مات سنة بضع وثلاثين خت م 4

تقريب التهذيب ، اسم المؤلف:  أحمد بن علي بن حجر أبو الفضل العسقلاني الشافعي ، دار النشر : دار الرشيد – سوريا – 1406 – 1986 ، الطبعة : الأولى ، تحقيق : محمد عوامة

 

التاريخ الكبير ج6 ص487

3063 عاصم بن كليب بن شهاب الجرمي كوفي سمع أباه وعبد الرحمن بن الأسود سمع منه الثوري وشعبة

التاريخ الكبير ، اسم المؤلف:  محمد بن إسماعيل بن إبراهيم أبو عبدالله البخاري الجعفي ، دار النشر : دار الفكر ، تحقيق : السيد هاشم الندوي

 

تهذيب الكمال ج13 ص537

3024

– خت م 4 : عاصم (2) بن كليب بن شهاب ابن المجنون

الجرمي الكوفي.

رَوَى عَن : سلمة بن نباتة ، وسهيل بن ذراع (بخ) ، وعباية بن رفاعة ، وعبد الرحمن بن الأسود بن يزيد (ي د ت س) ، وعلقمة بن وائل بن حجر (د) ، وابيه كليب بن شهاب الجرمي ، (ي 4) ، ومحارب بن دثار (ي د) ، ومحمد بن كعب القرظي (عس) ، وأبي بردة بن أَبي موسى الاشعري (خت م 4) ، وأبي الجويرية الجرمي (د).

رَوَى عَنه : أبو إسحاق إبراهيم بن محمد الفزاري (د) ، وبشر بن المفضل (د س ق) ، وخالد بن عَبد الله الواسطي (د) ، وزائدة بن قدامة (ي د س) ، وسفيان الثوري (4) ، وسفيان بن عُيَيْنَة (م د ت س) ، وأبو الأَحوص سلام بن سليم (م د س) ، وشَرِيك بن عَبد الله (4) ، وشعبة بن الحجاج (ي م س) ، وشقيق أبو ليث (د) على خلاف فيه ، وصالح بن عُمَر الواسطي ، وعبد الله بن عون (ي م 4) ، وأبو معدان عَبد الله بن معدان (ت) ، وعبد الواحد بن زياد (د تم) ، وعلي بن عاصم ، والقاسم بن مالك المزني (بخ م) ، ومحمد بن فضيل (ي د ت) ، وأبو عوانة الوضاح بن عَبد الله (بخ د) ، وأبو بكر النهشلي ، وأبو حمزة السكري ، وأبو مالك النخعي (ق).

قال أبو بكر الاثرم (1) ، عن أحمد بن حنبل : لا بأس بحديثه.

وَقَال أحمد بن سعد بن أَبي مريم ، عن يحيى بن مَعِين : ثقة (2).

وكذلك قال النَّسَائي.

وَقَال أبو حاتم (3) : صالح.

وَقَال أبو عُبَيد الآجري : قلت لابي داود : عاصم بن كليب ، ابن من ؟ قال : ابن شهاب الجرمي ، كان من العباد ، وذكر من فضله ، قلت : كان مرجئا ؟ قال : لا أدري.

وَقَال في موضع آخر (4) : كان أفضل أهل الكوفة.

وذكره ابنُ حِبَّان في كتاب”الثقات” (1).

وَقَال علي بن حكيم الأَودِيّ (2) ، عن شَرِيك ، عن الحسن بن عُبَيد الله : قلت لعاصم بن كليب الجرمي : إنك شيخ قد ذهب عقلك فقال : أما إنه قد بقي من عقلي ما أعلم أنك خشبي (3) ، قال شَرِيك : وكان عاصم بن كليب مرجئا ، نسأل الله العافية (4).

استشهد به البخاري في الصحيح ، وروى له في كتاب”رفع اليدين في الصلاة”وفي”الأدب”وروى له الباقون.

تهذيب الكمال ، اسم المؤلف:  يوسف بن الزكي عبدالرحمن أبو الحجاج المزي ، دار النشر : مؤسسة الرسالة – بيروت – 1400 – 1980 ، الطبعة : الأولى ، تحقيق : د. بشار عواد معروف

 

معرفة الثقات ج2 ص9

815 عاصم بن كليب الجرمي ثقة

معرفة الثقات من رجال أهل العلم والحديث ومن الضعفاء وذكر مذاهبهم وأخبارهم ، اسم المؤلف:  أبي الحسن أحمد بن عبد الله بن صالح العجلي الكوفي نزيل طرابلس الغرب ، دار النشر : مكتبة الدار – المدينة المنورة – السعودية – 1405 – 1985 ، الطبعة : الأولى ، تحقيق : عبد العليم عبد العظيم البستوي

 

الجرح والتعديل ج6 ص349

1929 عاصم بن كليب الجرمي وهو بن كليب بن شهاب روى عن أبيه وعن أبى الجويرية روى عنه الثوري وشعبة وزائدة وبشر بن المفضل سمعت أبى يقول ذلك نا عبد الرحمن نا على بن أبى طاهر القزويني فيما كتب إلى قال انا أبو بكر الأثرم قال سمعت أبا عبد الله يقول عاصم بن كليب لا بأس بحديثه نا عبد الرحمن قال سمعت أبى يقول عاصم بن كليب صالح

الجرح والتعديل ، اسم المؤلف:  عبد الرحمن بن أبي حاتم محمد بن إدريس أبو محمد الرازي التميمي ، دار النشر : دار إحياء التراث العربي – بيروت – 1271 – 1952 ، الطبعة : الأولى

 

طبقات ابن سعد ج6 ص341

عاصم بن كليب بن شهاب الجرمي توفي في أول خلافة أبي جعفر وكان ثقة يحتج به وليس بكثير الحديث

الطبقات الكبرى ، اسم المؤلف:  محمد بن سعد بن منيع أبو عبدالله البصري الزهري ، دار النشر : دار صادر – بيروت –  –

 

رجال مسلم ج2 ص97

1245 عاصم بن كليب بن شهاب الجرمي كوفي

روى عن أبي بردة بن أبي موسى في اللباس والدعاء وتشميت العاطس

روى عنه ابن إدريس وسفيان بن عيينة وشعبة وأبو الأحوص سلام والقاسم بن مالك

رجال صحيح مسلم ، اسم المؤلف:  أحمد بن علي بن منجويه الأصبهاني أبو بكر ، دار النشر : دار المعرفة – بيروت – 1407 ، الطبعة : الأولى ، تحقيق : عبد الله الليثي

 

من كلام أبي زكريا في الرجال ج1 ص46

63 عاصم بن كليب ثقة مأمون سمعت يحيى يقول قال جرير كان مرجئا يعني عاصم بن كليب

!من كلام أبي زكريا يحيى بن معين في الرجال ، اسم المؤلف:  يحيى بن معين ، دار النشر : دار المأمون للتراث – دمشق – 1400 ، تحقيق : د. أحمد محمد نور سيف

 

الضعفاء والمتروكين لابن الجوزي ج2 ص70

1760 عاصم بن كليب قال ابن المديني لا يحتج به إذا انفرد

الضعفاء والمتروكين ، اسم المؤلف:  عبد الرحمن بن علي بن محمد بن الجوزي أبو الفرج ، دار النشر : دار الكتب العلمية – بيروت – 1406 ، الطبعة : الأولى ، تحقيق : عبد الله القاضي

 

ميزان الاعتدال في نقد الرجال ج4 ص12

4069 ( 3426 ت ) عاصم بن كليب ( م عو ) الجرمي الكوفي عن أبيه كليب بن شهاب وأبي بردة وجماعة وعنه شعبة وعلي بن عاصم وطائفة وكان من العباد الأولياء لكنه مرجيء

وثقه ابن معين وغيره

وقال ابن المديني لايحتج بما انفرد به

وقال أبو حاتم صالح

يقال توفي سنة سبع وثلاثين ومائة

ميزان الاعتدال في نقد الرجال ، اسم المؤلف:  شمس الدين محمد بن أحمد الذهبي ، دار النشر : دار الكتب العلمية – بيروت – 1995 ، الطبعة : الأولى ، تحقيق : الشيخ علي محمد معوض والشيخ عادل أحمد عبدالموجود

 

المغني في الضعفاء ج1 ص321

2992 م عه

عاصم بن كليب الجرمي عن أبي بردة كان من الأولياء ثقة قال ابن المديني لا يحتج بما انفرد به وقال أبو حاتم صالح

المغني في الضعفاء ، اسم المؤلف:  الإمام شمس الدين محمد بن أحمد بن عثمان الذهبي ، دار النشر :  ، تحقيق : الدكتور نور الدين عتر

 

yahya al qoththan dia buruk hafalannya.

صحيح ابن حبان – (ج 5 / ص 270)

[ 271 ]

ذكر وصف ما يجعل المرء أصابعه عند الإشارة في المنكدر أخبرنا عمر بن محمد الهمداني قال حدثنا عمرو بن علي قال حدثنا يحيى القطان قال حدثنا بن عجلان عن عامر بن عبد الله بن الزبير عن أبيه أن النبي صلى الله عليه وسلم كان إذا تشهد وضع يده اليسرى على فخذه اليسرى ووضع يده اليمنى على فخذه اليمنى وأشار بأصبعه السبابة لا يجاوز بصره إشارته بالاستهلال ذكر العلة التي من أجلها كان يشير المصطفى صلى الله عليه وسلم بالسبابة في الموضع الذي وصفناه أخبرنا محمد بن عمر بن يوسف قال حدثنا سلم بن جنادة قال حدثنا بن إدريس عن عاصم بن كليب عن أبيه

 

كَانَ إِذَا جَلَسَ فِى الصَلاَةِ وَضَعَ كَفَّهُ الْيُمْنَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى وَقَبَضَ أَصَابِعَهُ كُلَّهَا وَأَشَارَ بِإِصْبَعِهِ الَّتِيْ تَلِى اْلإِبْهَامَ وَوَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرٰى عَلَى فَخِذِهِ الْيُسْرٰى (رَوَاهُ مُسْلِمُ, بَابُ صِفَةِ اْلجُلُوْسِ فىِ الصَّلاَةِ)

“Nabi saw. meletakkan telapak tangan kanannya di atas ujung paha kanannya dan ia menggenggamkan semua jari-jarinya dan berisyarat dengan jari yang dekat dengan ibu jarinya (telujnjuk), dan ia menyimpan telapak tangan kiri di ujung paha kirinya”. (HR. Muslim, Bab tatacara duduk dalam shalat Juz 5 Hlm 81)

  1. Ada 2 waktu isyarat mengangkat jari telunjuk:
  • Waktu mengangkat jari telunjuk dimulai dari duduk tahiyyat, berdasarkan hadits:
وَأَشَارَ بِإِصْبَعِهِ الَّتِي تَلِي اْلإِبْهَامَ وَوَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُسْرَى

Nabi saw. berisyarat dengan jari yang dekat dengan ibu jari (telunjuk) dan ia menyimpan telapak tangan kiri di ujung paha kirinya (HR. Muslim Bab tata cara duduk di dalam shalat Juz 5 Hlm 81)

Lalu dalam kitab Tuhfatul Ahwadzi Syarah Sunan Tirmidzi dijelaskan:

قَوْلُهُ كَانَ إِذَا جَلَسَ فِي الصَّلاَةِ وَضَعَ يَدَهُ الْيُمْنَى عَلَى رُكْبَتِهِ وَرَفَعَ إِصْبَعَهُ ظَاهِرُهُ أَنَّ رَفْعَ اْلإِصْبَعِ كَانَ فِي اِبْتِدَاءِ اْلجُلُوسِ

Penjelasan matan hadits كَانَ إِذَا جَلَسَ فِي الصَّلاَةِ (ketika duduk di dalam shalat ia menyimpan tangan kanan di atas lututnya dan mengangkat jarinya) secara dzahir (jelasnya) adalah mengangkat jari telunjuk dari mulai duduk (dan membaca tahiyyat) (Tuhfatul Ahwadzi, Bab tentang isyarat dalam tasyahud Juz 1 Hlm 325)

  • Waktu mengangkat jari telunjuk ketika membaca syahadat, berdasarkan riwayat:
وَمَوْضِعُ الإِشَارَةِ عِنْدَ قَوْلِ لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ لِمَا رَوَاهُ البَيْهَقِيْ مِنْ فِعْلِ النَّبِيِّ r (رَوَاهُ البَيْهَقِيْ)

Adapun tempat dan waktu isyarat adalah ketika pengucapan lafadz لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Baihaqi dari perbuatan Nabi saw. (Subulussalam Jld I Hlm 189)

  1. Dalil mengangkat jari telunjuk ada 2 cara:
  • Jari telunjuk diangkat dan digerak-gerakan waktu tahiyyat berdasarkan hadits:
أَنَّ وَائِلَ بْنَ حُجْرٍ قَالَ قُلْتُ َلأَنْظُرَنَّ إِلَى صَلاَةِ رَسُولِ اللهِ r كَيْفَ يُصَلِّي فَنَظَرْتُ إِلَيْهِ … ثُمَّ رَفَعَ أُصْبُعَهُ فَرَأَيْتُهُ يُحَرِّكُهَا يَدْعُو بِهَا

Dari Wail bin Hujrin ia berkata: “Sesungguhnya aku sengaja melihat shalatnya Rasulullah saw bagaimana beliau shalat yang pernah aku lihat, ……. Lalu ia mengangkat jari telunjuknya dan aku melihat beliau menggerak-gerakan jari telunjuk dan berdoa dengan mengangkatkan jari itu (HR. Nasa’i, Bab tempat anggota kanan di sebelah kanan di dalam shalat, Jld 3 Hlm 433)

  • Jari telunjuk diangkat saja dan tidak digerak-gerakan, berdasarkan hadits:

أَنَّ النَّبِيَّ r كَانَ يُشِيرُ بِأُصْبُعِهِ إِذَا دَعَا وَلاَ يُحَرِّكُهَا

Sesungguhnya Nabi saw. isyarat dengan telunjuk di dalam tasyahud dan tidak mengerak-gerakannya (HR. Abu Daud, Bab isyarat dalam tasyahud Jld I Hlm 227)

Menurut kitab ‘Aunul Ma’bud Syarah Sunan Abi Daud Jld 2 Hlm 469:

أَنَّ اْلمُرَاد بِالتَّحْرِيكِ هَاهُنَا هُوَ الرَّفْعُ لاَغَيْرُ

Yang dimaksud dengan menggerakan di sini ialah hanya mengangkat saja (‘Aunul Ma’bud Jld 2 Hlm 469)

  1. Pada waktu tahiyyat pandangan mata diarahkan kepada jari telunjuk, berdasarkan hadits:

فَوَضَعَ يَدَهُ الْيُمْنَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى وَأَشَارَ بِأُصْبُعِهِ الَّتِي تَلِي اْلإِبْهَامَ فِي الْقِبْلَةِ وَرَمَى بِبَصَرِهِ إِلَيْهَا أَوْ نَحْوِهَا

Lalu Nabi saw menyimpan tangan kanan di atas paha kanannya, dan beliau isyarat ke Qiblat dengan jari yang dekat ibu jarinya dan beliau mengarahkan penglihatan kepada jari itu atau ke arahnya (HR. Nasa’i, Bab pandangan mata dalam tasyahud, Juz 2 Hlm 188)

 

FATWA PERSIS TENTANG SYARAT TELUNJUK PADA DUDUK DI ANTARA DUA SUJUD

KEPUTUSAN SIDANG DEWAN HISBAH PERSATUAN ISLAM (PERSIS)

TENTANG

ISYARAT TELUNJUK PADA DUDUK DI ANTARA DUA SUJUD

Dewan Hisbah Persatuan Islam setelah:

MENGINGAT:

  1. Hadis-hadis Wail bin Hujr tentang isyarat telunjuk pada:
  1. Duduk secara mutlak, antara lain

Dari Wail bin Hujr bahwa ia berkata tentang salat Rasulullah saw., “kemudian beliau duduk, maka beliau menghamparkan kaki kiri dan menyimpan tangan kiri di atas paha dan lutut kirinya, dan beliau menjadikan ujung sikut yang kann atas dip aha kanan. Kemudian menggenggamkan dua jarinya dan membuat lingkaran, kemudian mengangkat telunjuknya dan aku melihat beliau menggerak-gerakkannya, beliau berdua dengan itu” HR. Ahmad Musnad Ahmad IV : 318, an-Nasai as Sunan al Kubra I : 376 dan Abu Daud, Aunul Ma’bud III : 195

  1. Duduk tasyahud, antara lain

حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ إِدْرِيسَ حَدَّثَنَا عَاصِمُ بْنُ كُلَيْبٍ الْجَرْمِيُّ عَنْ أَبِيهِ عَنْ ابْنِ حُجْرٍ قَالَ قَدِمْتُ الْمَدِينَةَ قُلْتُ لَأَنْظُرَنَّ إِلَى صَلَاةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا جَلَسَ يَعْنِي لِلتَّشَهُّدِ افْتَرَشَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَوَضَعَ يَدَهُ الْيُسْرَى يَعْنِي عَلَى فَخِذِهِ الْيُسْرَى وَنَصَبَ رِجْلَهُ الْيُمْنَى

Dari Wail bin Hujr, ia berkata, “Saya benar-benar hendak melihat salat Rasulullah saw. ketika beliau duduk, yakni untuk tasyahud, beliau menghamparkan kaki kiri dan menyimpan tangan kiri yaitu di atas paha yang kiri dan menancapkan kaki yang kanan” HR. At Tirmidzi

  1. Duduk antara dua sujud, antara lain

حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ عَنْ عَاصِمِ بْنِ كُلَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ قَالَ

رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَبَّرَ فَرَفَعَ يَدَيْهِ حِينَ كَبَّرَ يَعْنِي اسْتَفْتَحَ الصَّلَاةَ وَرَفَعَ يَدَيْهِ حِينَ كَبَّرَ وَرَفَعَ يَدَيْهِ حِينَ رَكَعَ وَرَفَعَ يَدَيْهِ حِينَ قَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ وَسَجَدَ فَوَضَعَ يَدَيْهِ حَذْوَ أُذُنَيْهِ ثُمَّ جَلَسَ فَافْتَرَشَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى ثُمَّ وَضَعَ يَدَهُ الْيُسْرَى عَلَى رُكْبَتِهِ الْيُسْرَى وَوَضَعَ ذِرَاعَهُ الْيُمْنَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى ثُمَّ أَشَارَ بِسَبَّابَتِهِ وَوَضَعَ الْإِبْهَامَ عَلَى الْوُسْطَى وَقَبَضَ سَائِرَ أَصَابِعِهِ ثُمَّ سَجَدَ فَكَانَتْ يَدَاهُ حِذَاءَ أُذُنَيْهِ

Dari Wail bin Hujr, “Saya melihat Nabi saw. bertakbir, beliau mengangkat kedua tangannya ketika takbir, yaitu memulai salat, dan mengangkat kedua tangannya ketika bertakbir, dan hendak ruku dan ketika membaca sami’allahu liman hamidah. Dan beliau sujud, beliau menempatkan kedua tangannya sejajar dengan kedua telinga, lalu duduk dan menghamparkan kaki kiri dan menempatkan tangan kiri di atas lutut kiri dan menempatkan sikut kanan di atas paha kanan lalu berisyarat dengan telunjuknya dan menyimpan ibu jari melingkarkan pada jari tengah, dan melipatkan seluruh jarinya, lalu sujud dan kedua tangan sejajar dengan kedua telinganya. HR. Ahmad, Musnad Ahmad IV : 317

MENDENGAR:

  1. Sambutan dan pengantar dari Ketua Umum PP Persis K.H. Drs. Shiddiq Amin, MBA.
  2. Sambutan dan pengarahan dari Ketua Dewan Hisbah K.H.A. Syuhada
  3. Makalah dan pembahasan yang disampaikan oleh : 1. K.H.M. Ramli, 2. H. Wawan Shofwan
  4. Pembahasan dan penilaian dari anggota Dewan Hisbah terhadap masalah tersebut di atas.

MENIMBANG:

  1. Riwayat tentang isyarat pada duduk antara dua sujud hanya diriwayatkan oleh Abddurazaq dari Sufyan At Tsauri.
  2. Riwayat Abddurrazaq dari Sufyan At Tsauri berbeda dengan periwayat rawi-rawi tsiqat lainnya.
  3. Muhammad bin Yusuf Al Firyabi perawi hadis yang tidak menerangkan sujud setelah isyarat lebih didahulukan daripada Abddurrazaq yang sama-sama menerima riwayat dari sufyan At Tsauri
  4. Perlu adanya kejelasan tentang kedudukan isyarat pada duduk antara dua sujud.

MENGISTIMBAT:

  1. Isyarat telunjuk hanya diisyaratkan pada duduk tasyahud
  2. Tidak ada isyarat telunjuk pada duduk antara dua sujud

Demikianlah keputusan Sidang Dewan Hisbah mengenai masalah tersebut dengan makalah terlampir.

الله يأخذ بأيدينا إلى مافيه خير للاسلام والمسلمين

Bandung, 12 Sya’ban 1423 H/ 19 Oktober 2002 M

DEWAN HISBAH PERSATUAN ISLAM (PERSIS)

KETUA

Ttd

KH. AKHYAR SYUHADA

NIAT :1632

SEKRETARIS

Ttd

DR. HM. ABDURRAHMAN, MA

NIAT : 7070

Isyarat Telunjuk Pada Duduk di antara Dua Sujud

KEPUTUSAN SIDANG DEWAN HISBAH PERSATUAN ISLAM (PERSIS)

TENTANG

ISYARAT TELUNJUK PADA DUDUK DI ANTARA DUA SUJUD

Dewan Hisbah Persatuan Islam (PERSIS) dalam sidangnya pada tanggal 17-19 Shafar 1419 H/12-14 Juni 1998 di Bandung, setelah:

MENDENGAR:

  1. Pengantar dan pengarahan dari Ketua Umum PP Persis dan Ketua Dewan Hisbah.
  2. Makalah tentang isyarat telunjuk pada duduk di antara dua sujud yang disampaikan oleh Al Ustadz K.H.A. Ghazie A. Qadir yang menyatakan adanya isyarat tersebut.
  3. Pembahasan dari seluruh anggota Dewan Hisbah tentang masalah tersebut

MENGINGAT DAN MENIMBANG:

  1. Dalil tentang isyarat telunjuk yang ada dan sahih adalah pada duduk tasyahud.
  2. hadis dari Wail bin Hujr riwayat Ahmad yang menerangkan tentang adanya isyarat telunjuk pada duduk di antara dua sujud, hadisnya Syad (dhaif).
  3. hadis yang berbunyi: Idza jalasa Fish-shalat atau Idza Qa’ada Yad’u yang bersifat muthlaq, di-taqyid oleh hadis yang menyatakan: Idza Qa’ada Fit Tasyahud
  4. Kaidah Ushul Fiqh yang menyatakan:

MEMUTUSKAN:

Menetapkan bahwa tidak ada isyarat telunjuk pada duduk di antara dua sujud.

Demikianlah keputusan Sidang Dewan Hisbah mengenai masalah tersebut dengan makalah terlampir.

الله يأخذ بأيدينا إلى مافيه خير للاسلام والمسلمين

Bandung, 19 Shafar 1419 H/ 14 Juni 1998 M

DEWAN HISBAH PERSATUAN ISLAM (PERSIS)

KETUA

Ttd

KH. E. SAR’AN

NIAT :03897

SEKRETARIS

Ttd

KH. DRS. SHIDDIQ AMIEN, MBA

NIAT : 649000

 

 

RISALAH SHALAT – DEWAN HISBAH

  1. Dalil Isyarat Dalam Tasyahhud

Wa’il ibnu Hujr berkata (tentang shifat shalat Rasulullah), “Kemudian beliau duduk dan membentangkan kaki kirinya, dan meletakkan telapak tangan yang kiri di atas paha dan lutut yang kiri; dan beliau meletakkan ujung siku kanannya di atas paha kanannya kemudian menggenggamkan dua jarinya (kelingking dan jari manis) lalu membuat satu bulatan (ibu jari dan jari tengahnya) dan mengangkat jari (telunjuknya). Aku melihat beliau menggerak-gerakkan telunjuknya sambil berdo’a dengannya.”

(Shahih Ibnu Khuzaimah 1:354 no. 714, Shahih Ibnu Hibban 5: 170 no 1860, Sunan An Nasaiy 2:126 no. 889, 3:37 no.1268, Musnad Ahmad ibnu Hanbal 4:328, al-Mu’jam al-Kabir 22:35 no. 82)

Ibnu az-Zubair RA berkata, “Rasulullah SAW apabila duduk berdo’a (tahiyyat), meletakkaan tangan kanannya di atas paha kanannya dan tangan kirinya di atas paha kirinya; dan beliau berisyarat dengan telunjuknya.” ( Shahih Muslim I:408 No. 579)

 

Derajat Hadits “La Yuharrikuha”

lbnu az-Zubair RA berkata, “Nabi SAW berisyarat dengan telunjuknya apabila berdo’a dan tidak menggerak-gerakannya.

(Sunan Abu DAwud 1:260 No.989, Sunan An-Nasaiy 3:37 no. 1270, Musnad Abi ‘Awanah 1:539 No. 2019)

 

Pertama, Imam Ibnu al-Qayyim, di dalam kitabnya, Zad al-Ma’ad 1: 60 berkata, “Mengenai Hadits riwayat Abu Dawud dari Abdullah ibnu az-Zubair bahwa Nabi SAW berisyarat dengan telunjuk dan tidak menggerak-gerakannya, maka tambahan “tidak menggerak-gerakannya” itu tentang ke shahih-annya terdapat kritikan, karena sesungguhnya Imam Muslim telah menyebut Hadits ini dengan panjang pada kitab shahih-nya dari Abdullah ibnu az-Zubair dan ia tidak menyebut tambahan ini. Tetapi Abdullah ibnu az-Zubair berkata:

“Rasulullah apabila duduk di dalam shalat, ia menjadikan kaki kirinya di antara paha dan betisnya dan menghamparkan kaki kanannya, dan meletakan tangan kirinya di atas lutut kirinya serta meletakan tangan kanannya di atas kaki kanannya sambil berisyarat dengan jari (telunjuk).”

Lagipula Hadits riwayat Abu Dawud dari ‘Abdullah ibnu az-Zubair ini  menunjukkan di dalam shalat, dan andaikan menunjukkan dalam shalat, keadaan haditsnya nafi’ (meniadakan menggerak-gerakan). Sedangkan Hadits Wa’il ibnu Hujr itu mutsbit menetapkan adanya menggerak-gerakan); dan yang mutsbit itu lebih didahulukan (daripada yang nafi’) Selain itu, Hadits Wa’il ibnu Hujr adalah Hadits shahih sebagaimana telah diterangkan oleh Abu Hatim pada kitab Shahih-nya.

Pen-tahqiq Zad al-Ma’ad menilai bahwa Hadits Wa’ il ibnu Hujr itu sanadnya shahih. Demikian pula Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban. Hadits ‘Abdullah ibnu az-Zubair sanadnya hasan bahkan dinyatakan shahih oleh an-Nawawiy di dalam al-Majmu’ (Pen-tahqiq ‘Abdu al-Qadir al-Arnauth dan Syu’aib al-Arnauth 1 : 238).

Kedua, Nashiruddin al-Albaniy pada kitabnya, Shifat Shalat Nabiy (al-Maktab al-Islamiy cet. IV hlm. 170), mengatakan,

“Dan Hadits bahwa ia tidak menggerak-gerakkan telunjuknya tidaklah tsubut (kuat) dalam hal sanadnya, sebagaimana telah saya terangkan pada Dla’if Abi Dawud no. 175. Dan kalaupun tsubut, Hadits itu nafi (meniadakan adanya menggerak-gerakkan telunjuk), sedangkan Hadits dalam bab ini (dari Wa’ il ibnu Hujr) mutsbit (menyatakan adanya menggerak-gerakkan telunjuk). Yang mutsbit mesti didahulukan atas yang nafi, sebagaimana telah diketahui dl kalangan para ‘ulama.”

Hadits ‘Abdullah ibnu az-Zubair itu diriwayatkan oleh Abu Dawud (Kitab ash-Shalat bab “al-isyarat fi at-tasyahhud” I : 227), an-Nasa’ iy (pada bab “Qabdli ats-tsintaini min ashabi’i al-yadi al-yumna wa ‘aqdi al-wusth wa al-ibham” 1 : 31-32, semuanya dari jalan Hajjaj dari Ibnu Juraij, dari Ziyad, dari Muhammad ibnu ‘Ajlan, dari ‘Amir ibnu ‘Abdillah ibnu az-Zubair, dari ‘Abdullah ibnu az-Zubair, bahwa Nabi berisyarat dengan telunjuknya apabila berdo’ a dan tidak menggerak-gerakkannya.

Ibnu Juraij berkata, “Dan ‘Amr ibnu Dinar menambahkan. Ia berkata, “Ibnu Juraij telah mengabarkan kepadaku dari ayahnya (Abdullah ibnu az-Zubair) bahwa ia telah melihat Nabi SAW berdo’ a seperti itu dan Nabi SAW meletakkan tangan kirinya di atas paha kirinya.”

Keterangan dan Takhrf; Hadfts.

  1. Rawi yang bernama Hajjaj pada sanad ini adalah Hajjaj ibnu Muhammad sebagaimana tercantum pada sanad al-Baihaqiy.
  2. Yang disebut Ziyad adalah Ziyad ibnu Sa’ad ibnu ‘Abdurrahman, ia seorang rawi tsiqat dan tsabit (kuat) (Tahdzib at-Tahdzib 3 : 369-370).
  3. Perkataan Ibnu Juraij, ”Amr ibnu Dinar menambahkan: ia berkata, ”’Amir telah mengabarkan kepadaku dari ayahnya dan seterusnya.” Pertama, Ziyad dengan lafazh (shighat al-ada’) akhbarani (telah mengabarkan kepadaku). Kedua, ‘Amr ibnu Dinar dengan lafazh (shfghat al-ada’) qala (ia berkata), yakni ‘Amr ibnu Dinar.
  4. Dinar yang menerima dari ‘Amir ibnu ‘Abdillah ibnu az-Zubair ada dua orang rawi, yaitu Muhammad ibnu ‘Ajlan dan ‘Amr ibnu Dinar.

Jelasnya Hadits ini diriwayatkan dari ‘Amir ibnu ‘Abdillah ibnu az-Zubair, dari ayahnya, melalui dua jalan:

Jalan Pertama :

Hajjaj

Ziyad

Muhammad ibnu ‘Ajlan

‘Amir ibnu ‘Abdillah ibnu az-Zubair

‘Abdullah ibnu az-Zubair

Dengan lafazh yang artinya: “Nabi SAW berisyarat dengan telunjuknya apabila berdo’a dan beliau tidak menggerak-gerakkannya.”

Pada sanad ini terdapat dua illat (cacat).

Pertama, Hajjaj ibnu Muhammad. Walaupun ia seorang rawi yang tsiqat dan tsabit, tetapi di akhir usianya itu ia ikhtilath (pikun) dan dalam keadaan demikian masih meriwayatkan Hadits (Tahdzib at-Tahdzib 2 : 205-206).

Pada riwayat ini tidak diketahui atau paling tidak diragukan apakah ia meriwayatkannya sebelum ikhtilath atau sesudahnya. terhadap riwayat yang seperti itu, hukumnya didiamkan atau dianggap lemah sebelum terdapat keterangan yang tegas atau ada rawi lain yang tsiqat yang menyetujui riwayatnya.

Kenyataan Hajjaj ibnu Muhammad menyendiri dalam periwayatannya ini. Sehingga kalau kita periksa riwayat-riwayat dari ‘Amir ibnu Abdillah dari ‘Abdullah ibnu az-Zubair tidak kita dapati tambahan ‘Ia Yuharrikuha’. Kecuali dari jalan Hajjaj ibnu Muhammad (Iihat riwayat Ahmad dan Muslim).

Kedua, Muhammad ibnu ‘Ajlam. Rawi ini dinyatakan tsiqat oleh Ahmad, Ibnu Ma’in, Abu Hatim, Abu Zur’ah, al-Ijli, as-Saji, digunakan oleh Abu Dawud, at-Tirmidziy, an-Nasa’ iy, Ibnu Majah dan lainnya. Tetapi al-Bukhariy tidak menggunakannya pada kitab shahih-nya sebagai dasar atau hujjat tetapi hanya pada riwayat-riwayat mu’allaq sebagaimana diterangkan oleh al-Hafizh pada Muqaddimah Fath al-Bary hlm. 458.

Adapun tetang Imam Muslim, Ibnu Hajar menerangkan, “Hanya saja Imam Muslim men-takhrij-nya sebagai mutabi’at dan ia tidak menggunakannya sebagai hujjat (Tahdzib at-Tahdzib 9 : 341-342, Mizan al-I’tidal 3 : 644-647).

Muhammad ibnu ‘Ajlan dianggap sebagai rawi yang tsiqat tetapi seorang mudallis sebagaimana dinyatakan oleh Ibnu Hibban, Ibnu Abi Hatim dan yang lainnya.

Al-Hafizh Ibnu Hajar, pada kitabnya Thabaqat al-Mudallisin, hlm. 69 telah memasukkannya pada martabat ketiga dari rawi-rawi mudallis. Mereka (para mudallis) tidak dijadikan hujjat oleh para imam kecuali mereka menegaskan di dalam Hadits-haditsnya yang menunjukkan bahwa mereka mendengar (langsung). Muhammad ibnu ‘Ajlan, pada sanad Hadits ini ber-mu’an’anat (meriwayatkan dengan lafazh tadlis-nya) Dengan demikian, riwayatnya ini tidak dapat diterima, terutama kalau kita perhatikan riwayat Ahmad (al-Musnad li al-Imam Ahmad 5 : 499 no 16100). Dalam riwayat ini, Muhammad ibnu ‘Ajlan menerima dari ‘Ami ibnu ‘Abdullah dengan lafazh tahdits (tidak tadlis) yang pada riwayat ini tidak ada tambahan “wa la yuharrikuha”.

Selain bertentangan dengan periwayatannya sendiri, ia pun bertentangan dengan riwayat-riwayat lain, di antaranya periwayatan ‘Utsma ibnu Hakim dari ‘Amir ‘Abdullah ibnu az-Zubair (Muslim no. 579) yang juga tanpa tambahan “la Yuharrikuha”.

Jalan Kedua :

Hajjaj ibnu Muhammad

Ibnu Juraij

‘Amir ibnu Dinar

‘Amir ibnu ‘Abdillah

‘Abdullah ibnu az-Zubair

Dengan lafazh yang artinya, “Sesungguhnya ia telah melihat Nabi SAW berdo’ a seperti itu dan ia meletakkan tangan kirinya di atas pahanya.”

Pada jalan sanad ini pun terdapat dua ‘illat, yaitu Hajjaj ibnu Muhammad (telah diterangkan di atas) dan Ibnu Juraij.

Nama lengkap Ibnu Juraij adalah ‘Abd al-Malik ibnu ‘Abd al- ‘Aziz ibnu Juraij. Ia seorang rawi yang tsiqat; dipakai oleh al-Bukhariy, Muslim, Abu Dawud, at-Tirmidziy, an-Nasa’ iy , Ibnu Majah, asy-Syafi’iy, Ahmad, Ibnu Khuzaimah, ad-Daraquthniy, Ibnu Hibban, al-Hakim, ath-Thabraniy, dan yang lainnya.

Adz-Dzahabiy, di dalam kitabnya Siyar A’lam an-Nubala 6 : 332, menerangkan sebagai berikut :

“Riwayat-riwayat Ibnu Juraij banyak terdapat di Kutub as-Sittah, Musnad Ahmad, Mu ‘jam Ath- Thabraniy dan al-Ajza’. Walaupun demikian, Ibnu Juraij termasuk rawi yang mudallis yang ketadlisannya itu telah dinyatakan oleh Yahya ibnu Sa’id, Ahmad ibnu Hanbal, dan adz-Dzahabiy.”

lbnu Hajar menyatakan, “Ia men-tadlis dengan lafazh ‘an qala, ukhbirtu ‘an fulan, hudditsu ‘an fulan.

Imam Ahmad memuji Ibnu Juraij dan menerima riwayatnya, jika Ibnu Juraij dalam periwayatannya memakai lafazh akhbaraniy atau sami’tu. Tetapi bila Ibnu Juraij berkata, “Telah berkata si Fulan” dan Dikabarkan kepadaku”, ia membawa Hadits yang munkar (Siyar A ‘lam Nubala 6: 328).

Pada riwayat yang dipakai Ibnu Juraij menggunakan lafazh qala,

dengan demikian, jelaslah tadlis-nya itu. maka derajat Hadits “la yuharrikuha” adalah dla’if.

(Risalah Shalat, Dewan Hisbah ; 132-136)

Sumber artikel :

http://subhan-nurdin.blogspot.com

Please support us:
5